MAKANAN SEHAT UNTUK DIET DARI BEKATUL

Headline 728x90 Sebelum membaca artikel dibawah ini, yuk baca: sb1m
Belajar Bisnis Online di SB1M

Belajar Bisnis Online di SB1M

Makanan sehat untuk diet dari bekatul. Menu diet seperti gandum, yoghurt atau oatmeal sepertinya sudah sangat dikenal. Bagaimana dengan bekatul? Sudah pernahkah Anda mendengar mengenai jenis makanan ini? Tidak kalah dengan makanan diet lainnya, bekatul ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Mengkonsumsi bekatul tidak membuat badan gemuk, tidak seperti nasi putih yang banyak mengandung karbohidrat. Inilah yang menyebabkan bekatul mulai dijadikan sebagai menu diet. Nah, ingin mengetahui makanan sehat untuk diet dari bekatul? Yuk kita bahas di sini.

makanan sehat untuk diet dari bekatul

Bekatul sebenarnya adalah bagian dari padi. Pada proses penggilingan padi, beras dipisahkan dari sekam. Setelah penggilingan, dilakukan proses penyosohan. Ada dua kali penyosohan, yang pertama proses penyosohan yang menghasilkan dedak dimana seratnya masih terasa kasar. Proses penyosohan kedua menghasilkan bekatul (lapisan rice bran) dimana seratnya sangat halus. Kebanyakan pabrik beras, hanya melakukan satu kali penyosohan, sehingga dedak dan bekatul masih bersatu. Setelah itu, hasilnya dijual sebagai pakan ternak. Sedangkan beras yang sudah digiling dikonsumsi manusia.

Bila dilihat dari nilai gizinya, makanan sehat untuk diet dari bekatul  dan nasi sangat jauh berbeda. Nilai gizi nasi putih yang berasal dari beras sedikit jumlahnya, lebih didominasi karbohidrat. Sedangkan bekatul gizinya sangat tinggi yaitu mengandung protein, mineral, asam lemak esensial, tocopherols, tocotrienols, vitamin B, vitamin B2 dan vitamin E. Semua kandungan bekatul ini sangat efektif mengobati berbagai macam penyakit seperti asma dan diabetes. Tidak hanya itu, mengkonsumsi bekatul sebagai makanan sehari-hari aman dari kegemukan karena tidak memiliki karbohidrat melainkan protein. Selain itu bekatul juga berkalori rendah dan kandungan seratnya sangat tinggi.

Mungkin sebagian besar masyarakat tidak terbiasa mengkonsumsi bekatul. Tetapi jika sudah mengetahui manfaatnya, sebenarnya sangat dianjurkan apalagi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Awal mula mengkonsumsi bekatul, mungkin akan terasa aneh diserati mual bahkan diare. Tetapi ini hanya sementara saja. Jika sudah terbiasa, efek tersebut tidak akan terjadi lagi. Selain dimakan, bekatul bisa dicampurkan dengan air, lalu diminum. Minum air bekatul terbukti bisa mengatasi penyakit maag. Nah, banyak kan manfaat makanan sehat untuk diet dari bekatul? Yakin tidak mau dicoba?

Belajar di SB1M

Belajar di SB1M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

(Required)

Proudly powered by WordPress   Premium Style Theme by www.gopiplus.com
Mau TURUN 5 KG dalam 14 hari secara SEHAT ? Add pin 546-A-4673KLIK DISINI