CARA MENCEGAH ANEMIA PADA ANAK KECIL

Headline 728x90 Sebelum membaca artikel dibawah ini, yuk baca: sb1m
Belajar Bisnis Online di SB1M

Belajar Bisnis Online di SB1M

Cara mencegah anemia pada anak kecil haruslah diperhatikan orang tua, terlebih bila anak tersebut masih sangat membutuhkan ASI ekslusif. Anemia tidak hanya menyerang orang dewasa saja namun juga pada anak-anak sehingga tingkat kewaspadaan orang tua sangatlah diperlukan. Anak-anak bisa dengan mudah terkena anemia apabila pola makan dan gizi yang harus dipenuhi tidak mencukupi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Dimana dalam periode emas begitu sangat dibutuhkannya berbagai asupan yang bernutrisi. Sungguh disayangkan apabila hal ini kurang mendapat perhatian ekstra. Anak-anak yang terkena anemia memiliki gejala dasar yag hampir sama dengan anemia pada orang dewasa, yaitu, terlihat lemas, tidak bersemangat  dan ceria, juga anak tersebut mungkin akan lebih mudah sakit.

Cara mencegah anemia pada anak kecil

Orang tua diwajibkan untuk menjaga asupan nutrisi anaknya terutama dalam masa ASI esklusif dampai dengan balita. Hal ini merupakan sebagai pondasi awal dari pertumbuhan anak, bukan hanya untuk mencegah anemia namun juga untuk membuat pertumbuhan anak berkembang pesat. Menurut tenaga ahli anak yang terserang anemia akan mengalami perlambatan dalam pertumbuhan baik pertumbuhan secara fisik maupun tingkat intelijensinya, selain itu anak juga tidak akan bisa melakukan aktifitas yang sesuai dengan anak-anak dimana biasanya mereka akan selalu aktif dan ceria tidak murung lemas dan pasif. Tentu hal ini sangat mempengaruhi mental si anak tersebut.

  • Cara Mencegah Anemia Pada Anak kecil

Pencegahan anemia bisa dilakukan oleh orang tua dengan cara :

  1. Memberikan ASI Ekslusif

Dalam mencegah anemia pada anak, Pemberian asi dianjurkan minimal sampai usia bayi 6 bulan. ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi.

  1. 2.  Pilihan Makanan Pendamping ASI

Makanan pendamping asi harus tepat waktu, yaitu padausia 6 bulan. Banyak dari makanan tambahan mengandung zat besi yang melimpah yang bisa dikonsumsi, seperti kuning telur dan daging tanpa lemak. Atau makanan yang mengandung banyak vitamin C guna meningkatkan penyerapan zat besi.

  1. Makanan Mengandung Penyerapan Zat Besi

Walau zat besi sudah diperoleh dengan baik namun hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya ialah makanan yang dapat membantu dalam penyerapan zat besi, yaitu, brokoli, jus tomat, jeruk, stroberi atau makanan yang mengandung zat besi yang mudah diserap yaitu golongan daging seperti unggas dan ikan

Apakah anda sudah mempraktekan Cara mencegah anemia pada anak kecil?

Baca juga artikel:

Belajar di SB1M

Belajar di SB1M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

(Required)

Proudly powered by WordPress   Premium Style Theme by www.gopiplus.com
Mau TURUN 5 KG dalam 14 hari secara SEHAT ? Add pin 546-A-4673KLIK DISINI