CARA DIET ALAMI AMAN UNTUK IBU MENYUSUI DAN BAYINYA

Headline 728x90 Sebelum membaca artikel dibawah ini, yuk baca: sb1m
Belajar Bisnis Online di SB1M

Belajar Bisnis Online di SB1M

Cara diet alami aman untuk ibu menyusui dan bayinya

Cara diet alami aman untuk ibu menyusui dan bayinya. Seorang ibu tidak bisa mengelak bahwa tubuhnya akan mengalami perubahan drastis saat kehamilan. Tidak cuma itu, setelah melahirkan pun, tubuh ibu belum bisa kembali normal dengan cepat. Mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum kehamilan membutuhkan usaha dan waktu. Di sini ibu tidak boleh hanya memikirkan dirinya, tetapi juga bayinya. Kesehatan sang bayi sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik ibu dan makanan yang dikonsumsinya. Jadi, bagaimana bila ibu ingin melakukan diet setelah melahirkan? Apakah ada cara diet alami aman untuk ibu menyusui dan bayinya?

Diet untuk ibu menyusui tanpa mengganggu tumbuh kembang bayi dapat dilakukan tetapi membutuhkan waktu. Paling penting diingat bahwa ibu tidak boleh egois. Jangan sampai masalah berat badan ini membuat ibu stres sehingga mengganggu psikologis. Hal ini tentunya akan mempengaruhi hormon. Padahal kestabilan hormon sangat penting bagi kuantitas dan kualitas ASI.

Cara diet alami aman untuk ibu menyusui dan bayinya salah satunya adalah dengan mengurus bayi dan memberi ASI eksklusif. Setelah melahirkan sampai enam bulan, ibu tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat. Dengan mengurusi keperluan si bayi atau mengajaknya bermain mengganti kegiatan berolahraga. Begitu juga dengan menyusui. Pada saat menyusui, tubuh ibu membakar sekitar 300-500 kkal/hari. Nilai ini hampir sama dengan bersepeda selama sejam.

Cara Diet Alami Aman Untuk Ibu Menyusui Dan Bayinya

Menjaga asupan makanan juga harus dilakukan. Tidak hanya asal makan tetapi mengkonsumsi makanan yang mewakili karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrisi yaitu vitamin dan mineral.

  • Konsumsi karbohidrat kompleks dari beras merah. Kandungan seratnya pun tinggi sehingga proses metabolisme tubuh tetap terjaga.
  • Konsumsi protein dari tahu tempe, daging, telur dan lain-lain. Protein lebih cepat membakar lemak. Protein juga sangat dibutuhkan untuk produksi ASI.
  • Konsumsi lemak tak jenuh. Tidak semua lemak harus dijauhi. Tubuh tetap membutuhkan lemak sebagai sumber energi. Apalagi kegiatan menyusui cepat menghabiskan tenaga. Lemak tak jenuh adalah lemak sehat, yang termasuk di dalamnya seperti kacang-kacangan, ikan laut, alpukat, minyak zaitun dan minyak canola.
  • Konsumsi vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan.
  • Minum air putih yang cukup lima sampai delapan gelas per hari.

Jadi cara diet alami aman untuk ibu menyusui dan bayinya sangat aman untuk dilakukan.

Belajar di SB1M

Belajar di SB1M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

(Required)

Proudly powered by WordPress   Premium Style Theme by www.gopiplus.com
Mau TURUN 5 KG dalam 14 hari secara SEHAT ? Add pin 546-A-4673KLIK DISINI