7 HAL YANG SERING DILUPAKAN PEBISNIS PEMULA SAAT MEMULAI BISNIS

Headline 728x90 Sebelum membaca artikel dibawah ini, yuk baca: sb1m
Belajar Bisnis Online di SB1M

Belajar Bisnis Online di SB1M

7 HAL YANG SERING DILUPAKAN PEBISNIS PEMULA SAAT MEMULAI BISNIS

7 Hal yang sering dilupakan pebisnis pemula saat memulai bisnis. Memulai suatu usaha baru tentu jauh lebih sulit ketimbang mengembangkan sebuah bisnis yang sudah ada. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis pemula yang baru saja menjajal peruntungan di dunia bisnis. Namun sayangnya, tak semua pebisnis pemula mampu menghadapi tantangan dalam memulai usaha ini. Banyak diantara mereka yang gagal di tengah jalan lantaran terjebak dalam 7 hal yang sering dilupakan pebisnis pemula saat memulai bisnis.

7 hal yang sering dilupakan pebisnis pemula saat memulai usaha

Hal-hal yang sering terlewatkan oleh para pebisnis pemula tersebut seringkali membuat bisnis kandas di tengah jalan. Segala macam usaha yang telah dilakukan di awal pun tampak sia-sia hanya karena melakukan 7 hal yang sering dilupakan pebisnis pemula saat memulai bisnis sebagai berikut:

  1. Terlalu fokus pada keuntungan

Pebisnis pemula biasanya lupa bahwa bisnis bukan hanya soal mencari keuntungan semata, namun bagaimana bisnis tersebut dapat berjalan dengan maju sehingga pada akhirnya bisa menghasilkan keuntungan. Jika sedari awal hanya memikirkan untung saja, maka banyak pebisnis yang mengalami gagal di tengah jalan.

  1. Bisnis hanya sekedar ikut-ikutan orang lain, tidak sesuai dengan passion atau minat

Mengapa bisnis sebaiknya disesuaikan dengan minat? Karena jika bisnis sesuai dengan minat, maka pebisnis akan lebih enjoy dalam menjalani proses dalam berbisnis. Dapat bertahan lebih lama dalam berusaha, jatuh bangun dan konsisten dalam menggarap bisnis tersebut. Hal inilah yang membuat hasil yang lebih maksimal.

  1. Mempekerjakan karyawan yang buruk dengan gaji rendah

Karyawan adalah aset penting dalam setiap bisnis. Mendapatkan karyawan yang tepat dan memiliki loyalitas adalah suatu anugerah yang sangat besar. Tidak mudah untuk mendapatkan karyawan yang sesuai, dengan dana yang terbatas, sekaligus loyal terhadap bisnis kita. Namun ada baiknya kita berinvestasi dengan memberikan gaji dan tunjangan yang memadai bagi karyawan-karyawan kita, sehingga mereka memiliki loyalitas yang tinggi dan bekerja lebih maksimal demi kepentingan bisnis kita.

  1. Kurang fokus dalam berusaha untuk membuat konsumen menjadi loyal

Konsumen adalah bagian terpenting dari sebuah usaha. Banyak pebisnis pemula yang gagal menjadikan konsumen mereka loyal kepada produk bisnis yang mereka jalankan. Padahal jika saja mereka berusaha lebih keras untuk mendapatkan kesetiaan konsumen, mereka bisa mendapatkan pelanggan tetap yang berarti pesanan berulang bahkan rutin yang terus menerus berlanjut. Memang baik mencari pelanggan baru, tetapi lebih baik lagi jika kita bisa memelihara pelanggan yang sudah ada, sehingga jumlah konsumen kita akan bertambah banyak seiring dengan waktu.

  1. Terlalu fokus pada kegagalan

Kegagalan dalam bisnis adalah biasa. Ingat, kegagalan adalah cambuk untuk meraih kesuksesan. Sebagai seorang pebisnis, kita harus mampu belajar dari kegagalan. Bangkit dengan cepat dari suatu kegagalan, pelajari, dan lihat semua peluang dan kesempatan yang ada di depan mata. Jangan terpaku pada kegagalan. Lebih baik fokus pada kesuksesan yang dapat dicapai di depan sana.

  1. Kurang promosi yang tepat sasaran

Kadang pebisnis pemula dengan dana terbatas, mengorbankan promosi demi penghematan. Padahal jika kita tahu caranya, banyak metode promosi dengan dana yang hemat yang mampu memberikan konversi penjualan beberapa kali lipat dibandingan dana promosi yang dikeluarkan. Yang harus diingat adalah, promosi tersebut haruslah tepat sasaran, sehingga hemat dan berdampak besar terhadap penjualan.

  1. Tidak memiliki sistem

Sebagai pebisnis pemula, wajar jika belum berpengalaman. Sistem yang ada adalah hasil trial and error. Perpaduan dana yang terbatas dan sistem yang buruk dapat menghasilkan suatu kegagalan yang cukup besar. Tidak banyak pebisnis yang bias bertahan dengan kondisi semacam ini. Namun jika seorang pebisnis mampu melaluinya, maka kesuksesan sudah di depan mata. Mengapa demikian? Karena mampu belajar dari kegagalan, bangkit dari keterpurukan dan maju terus, adalah karakter orang-orang yang sukses. Jarang sekali orang sukses yang tidak pernah gagal. Justru semakin sukses seseorang, semakin besar pula kegagalan yang pernah ia derita. Sistem juga dapat dipelajari dari kegagalan. Namun untuk memperkecil kegagalan, kita bisa mempelajari suatu sistem yang baik dari buku-buku atau seminar-seminar. Contohlah sistem dari bisnis yang sejenis dengan bisnis kita dan modifikasilah sesuai dengan kondisi bisnis kita.

Demikian 7 hal yang sering dilupakan pebisnis pemula saat memulai bisnis. Jika sudah terlanjur terjadi, ada baiknya segera diperbaiki. Kabar baiknya adalah anda sudah berani memulai bisnis sendiri, dan segala sesuatu selalu dapat disempurnakan dan diperbaiki untuk hasil yang lebih baik.

Baca juga artikel:

Belajar di SB1M

Belajar di SB1M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

(Required)

Proudly powered by WordPress   Premium Style Theme by www.gopiplus.com
Mau TURUN 5 KG dalam 14 hari secara SEHAT ? Add pin 546-A-4673KLIK DISINI